Kunci Sukses: Kemampuan VS Tahan Godaan


Ada satu kisah yang menarik tentang mencapai tujuan. Dari kisah ini ada satu kesimpulan yang menarik. Tapi sebelumnya saya mau berikan satu pertanyaan. Menurut anda seseorang gagal mencapai sukses karena kurang kemampuan atau karena tidak tahan godaan?

Banyak orang mengikuti seminar dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya di profesinya. Itu tidak salah. Tapi kenyataannya banyak orang gagal karena godaan dan bukan karena kurang mampu. Sebaliknya banyak orang sukses bukan karena kemampuannya namun karena integritasnya. Banyak orang yang lebih pintar dari Alfa Edison tapi beliaulah yang mengandalkan kekuatan fokus dan sikap pantang menyerah untuk mencapai sukses. Banyak orang yang lebih pandai memasak ayam goreng tapi Colonel Sanders lah yang dengan keteguhan hatinya berhasil menjadikan KFC suatu franchise restaurant cepat saji yang menjamur keseluruh dunia.

Kemampuan VS Tahan Godaan.
1 Korintus 10:7-11  dan supaya jangan kita menjadi (1) penyembah-penyembah berhala, sama seperti beberapa orang dari mereka, seperti ada tertulis: "Maka duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria." Janganlah kita (2) melakukan percabulan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga pada satu hari telah tewas dua puluh tiga ribu orang. Dan janganlah kita (3) mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular. Dan janganlah (4) bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut. Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

Apa sih penyebab orang gagal dalam karirnya? Dalam Rumah Tangganya, dalam usahanya atau dalam studi yang dia sedang ditempuh?. Kita ingin tahu penyebab kegagalan agar kita tidak harus jatuh ke lubang yang sama yang sudah menelan korban jutaan orang Israel di padang gurun.

Orang Israel adalah bangsa yang sangat dimanjakan Tuhan dan begitu banyak mujijat dikerjakan Tuhan bagi bangsa ini termasuk dengan menbantu mereka dalam berperang mengalahkan musuh-musuh mereka.  Sekalipun bangsa-bangsa besar yang mereka hadapi, semua ditaklukkan oleh bangsa Israel dengan jumlah tentara yang jauh lebih sedikit. Dan ini sebetulnya merupakan prinsip sukses mereka. Bukan kekuatan sendiri tapi mengandalkan Tuhan yang berperang bagi mereka.

Namun tragisnya, sebagian besar dari mereka tidak menikmati tanah perjanjian. Dan itu bukan karena mereka kalah oleh bangsa-bangsa musuh mereka. Melainkan disebabkan oleh kesalahan mereka sendiri.

Bukankah kita sering melihat orang-orang yang begitu berpotensi untuk menjadi orang besar, orang sukses, namun ditengah jalan menuju sukses, mereka gagal dan berjatuhan. Padahal mereka sebetulnya memiliki bakat, people skill, kecerdasan dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi sukses.

Firman Tuhan katakan, bangsa Israel sebetulnya sudah dipastikan akan berhasil menikmati sukses dan tanah perjanjian yang Tuhan janjikan. Sudah dipastikan!... Tinggal melangkah masuk. ....... Namun mereka jatuh karena tidak bisa menahan diri. 

Godaan pertama adalah penyembahan berhala. 
Penyembahan berhala begitu menarik bagi banyak bangsa karena pada jaman tersebut penyembahan berhala adalah gabungan antara pemujaan berhala dan okultisme dengan kenikmatan Orgy dan pesta pora. Bangsa Israel sudah lihat ini di Mesir dan ketika mereka tidak sabar menantikan Musa di gunung Horeb, mereka segera kembali kepada kebiasaan Mesir ini.

Jaman sekarang banyak orang mau cepat berhasil dengan lobby dan pendekatan-pendekatan menggunakan uang, seks, okultisme dibanding harus bersabar dan mengandalkan Tuhan Yesus. Persepsi yang salah menggambarkan gereja sebagai pembuat larangan tidak boleh ini tidak boleh itu.Tapi percayalah, banyak jalan yang kelihatan baik tapi ujungnya maut. Cara Tuhan Yesus selalu The Best.

Godaan Kedua adalah Seks dan Affair.
Saya kira sudah terlalu banyak berita kita dengar tentang ini di Infotainment bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Skandal di World Bank, senator-senator di USA dan anggota parlemen Indonesia misalnya. Kejatuhan dan kegagalan untuk mencapai sukses, mempertahankan sukses dan mencapai sukses yang lebih tinggi lagi disebabkan karena tidak bisa menguasai diri. Bukan karena tidak mampu berprestasi.

Mencobai Tuhan.
Dalam konteks bacaan diatas, juga di kitab Bilangan, bangsa Israel mencobai Tuhan dengan cara membuat jengkel Tuhan melalui ketidak percayaan mereka pada janji-janji Tuhan. Sikap mencemooh dan tidak perduli kepada ibadah adalah godaan yang dialami semua orang baik yang sedang melalui tekanan atau yang baru mengalami sedikit sukses. Arogan dan sombong adalah awal dari kehancuran. Tapi takut akan Allah dan rendah diri adalah dasar untuk promosi.

Bersungut-sungut
Menggerutu, komplain, marah-marah dan mengeluh adalah bukti bahwa seseorang tidak mensyukuri apa yang Tuhan sudah dan sedang lakukan bagi orang tersebut. Bukan hanya melemahkan semangat, sikap ini juga mengganggu suasana kerja, suasana rumah tangga dan suasana apapun dimana orang ini berada. Berdekatan dengan orang yang kerjanya mengeluh akan mengakibatkan seseorang gagal dan juga menjauhkan mereka dari orang-orang yang sebetulnya ingin membantu untuk mencapai suatu tujuan.

Sebaliknya dengan menahan diri melalui ibadah dan saat-saat intim dengan Tuhan Yesus, seseorang dengan kemampuan terbatas pun akan mampu melakukan hal-hal yang besar. Gideon, Yusuf, Daud, dan banyak pahlawan-pahlawan iman di masa lalu adalah beberapa contoh dimana orang yang biasa menjadi luar biasa karena mengandalkan Tuhan. 

Mungkin mereka pernah gagal dan jatuh pada godaan, namun seseorang yang jatuh tidak berarti tidak bisa bangkit dan kembali kepada Tuhan bukan?. Seperti Daud. Dia bangkit dan tidak pernah jatuh kepada kesalahan yang sama berulang kali.

Kemampuan? Itu penting. Tapi waspada pada godaan, lebih penting lagi. 

All blessings,
Binsar  

3 komentar:

Untung Sujana mengatakan...

tips sukses
http://zulfanardhana.wordpress.com/2012/10/14/alternatif-bisnis-untuk-mencapai-sukses-via-profitclicking/

studi SEhat mengatakan...

nice blog....

pabxkita mengatakan...

Good Luck