Tahun Baru, Ekspetasi Baru




18  firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! 19  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. (Yes 43)

Indahnya perkataan Tuhan Yesus yang kita bisa temui dalam Alkitab.....

Untuk Tahun yang Baru Tuhan menjanjikan Sesuatu yang Baru. Tentu saja baru yang indah,.... yang ajaib,... yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Konteks Yes 43 adalah janji bagi mereka yang selama ini berada dalam "tawanan" kehidupan. Seperti orang Israel yang tertawan 70 tahun di Babelonia, banyak orang berada dalam situasi yang tidak lebih baik dari pada orang yang sedang tertawan. Terikat hutang, terhimpit kesulitan ekonomi, menderita dalam relationship yang salah, jerat kebiasaan buruk dan macam-macam yang lain.

Good News !. Tahun ini kita bisa menerima janji Tuhan Yesus bahwa kita akan melihat sesuatu yang BARU.

Mindset Yang Baru
Yang dibutuhkan tentu saja mindset yang berbeda. Pikiran yang Apatis harus berubah menjadi Percaya. Mindset yang Negatif harus rela untuk menjadi Positif. Sifat Bimbang dan Takut mesti dibaharui dengan Keberanian dan Optimisme yang didasari Janji Tuhan tersebut.


Bila tahun-tahun yang lewat kita belum mengalami perubahan yang kita harapkan, hal itu jangan terlalu kita ingat-ingat atau kita pikirkan. Orang yang terlalu terbenam dalam masa lalu tidak akan bisa bangkit dan menyongsong perubahan.    Tuhan meminta kita untuk menlupakan yang lalu dan mengantisipasi dengan semangat Hal Baru yang akan Tuhan perbuat. Yaitu Pembaharuan bagi anda dan saya. Tuhan mengatakan, "Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru !" Woooow.... Awesome....

2013 adalah Tahun Baik. Bukan Tahun 2012a. 2013 adalah angka Tahun yang Mujur.

Jalan-jalan di Situasi yang Mustahil
Ada dua hal yang Tuhan janjikan. Yang pertama adalah JALAN KELUAR bagi situasi sulit yang kita hadapi.... Mereka yang lama terbelenggu dengan himpitan dan tekanan yang sangat berat akan mendapat jalan keluar. Sekalipun selama ini sudah mencoba segala cara dan tetap gagal memperoleh jalan keluar, ini adalah tahun yang mujur bagi kita. Tuhan janjikan SESUATU YANG BARU. Jalan di padang gurun.

Kita sudah berusaha dan gagal. Sekarang biarkan Tuhan yang ambil alih. Giliran Tuhan untuk bagian-bagian yang sulit. Menyeberang Laut Merah? Tidak masalah!.... Menyeberang Sungai Yordan? Piece of Cake ! ....alias gampang. Miliki Ekspektasi Positif. Bersandar pada Tuhan. Rajin merenungkan Firman Tuhan. Itu semua adalah fondasi yang kuat untuk bangunan indah yang akan Tuhan ciptakan diatasnya.

Provisi dari Sumber-sumber yang Mustahil

Janji Tuhan yang kedua adalah sungai-sungai di padang belantara.... Rivers in the Desert. Sekalipun kering kerontang, Tuhan bisa buatkan sungai-sungai. Bukan satu sungai tetapi sungai-sungai. Mungkin dengan mata dan pikiran kita, tidak bisa membayangkan bagaimana memenuhi kebutuhan urgent yang saat ini kita perlukan. Tapi tahun 2013 adalah Tahun Mujur. Tahun yang Baru. Bukan hanya baru berdasarkan kalender saja, tetapi Pengalaman Baru akan kita alami bersama Tuhan Yesus.

Bila kita bersedia lebih percaya pada JanjiNya dibandingkan Pesimisme dan Intimidasi disekeliling kita maka Sumber-sumber air akan kita rasakan. Manna dari Surga, daging burung dari langit, air minum dari gunung batu sudah merupakan spesialisasi Tuhan Yesus.... Awesome bukan...?

Luar biasa. Tahun 2013 akan penuh dengan kejutan manis.

All blessings,
Binsar

Tidak ada komentar: