Resolusi Akhir Tahun


Nah kita sampai pada saat saat seperti ini lagi. Saat-saat dimana satu tahun akan segera berakhir dan kita akan memasuki tahun yang baru.

Kita merenung sejenak lalu kemudian melakukan flash back kebelakang untuk melihat apa yang sudah kita perbuat sepanjang tahun ini, prestasi apa yang kita buat, momen momen high and low, sukacita dan kesedihan,.... pencapaian dan kegagalan. It's ok. Ini sesuatu yang wajar kita lakukan...... Lalu sejenak kemudian kita mulai membuat rencana-rencana untuk tahun depan.

Kita buat target-target pencapaian yang kita akan kejar di tahun mendatang dan juga kita buat resolusi, komitmen, keputusan yang kita tahu kita perlu pegang dan lakukan agar target-target tadi dapat kita capai.

Tuhan Senang Dengan Resolusi Yang Kita Buat
Tuhan suka dengan resolusi. O ya? Ya. Karena setiap resolusi pasti dibuat demi perbaikan, penigkatan dan penyempurnaan karakter kita. Juga untuk disiplin kita dan semua hal-hal yang disukai Tuhan Yesus. Ya tidak?

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu...(Rom 12:2a)
maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. (2Kor3:18b)

Coba kita lihat ayat-ayat diatas. Oh Tuhan suka sekali kalau kita mau berubah !!!
Kita harus ingin berubah ... dan Tuhan sendiri juga akan mengubah kita...... supaya kita menjadi semakin baik dan menjadi semakin serupa dengan gambaran idola kita yaitu Tuhan Yesus.


Jadi kita memang harus punya resolusi setiap tahun. Bahkan akan lebih baik lagi kalau kita punya resolusi setiap hari. Sebelum kita memulai hari-hari kehidupan kita. 

Bagaimana Kalau Gagal?
Bagaimana kalau resolusi kita buat tiap awal tahun tapi juga selalu saja gagal memenuhinya ? He he akhirnya kita bosan dan pikir-pikir lebih baik tidak usah buat. Untuk apa resolusi kalau akhirnya kita sendiri yang membatalkannya..

O jangan!

Berhasil atau tidak dalam memenuhi komitmen kita, itu urusan lain. Yang penting kita punya keinginan dulu. Memiliki resolusi berarti kita menyatakan dengan iman kita bahwa kita ingin menjadi lebih baik. Tuhan pasti mendengar keinginan kita itu dan Tuhan pasti memberi kekuatan dan kasih karunia untuk melakukan keinginan kita itu.

Menurut saya, seseorang yang memiliki resolusi sebetulnya sedang menanggapi keinginan Tuhan. O ya. Saya yakin resolusi yang baik itu semua berasal dari Tuhan.

"karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya." (Fil 2:13)

Tuhanlah yang membisiki kita untuk berkeinginan, berkehendak, berkemauan, untuk mengerjakan hal-hal baik yang kita ingin kerjakan di tahun 2012 yang akan menjelang. Amin.

Susah Payah Kita Pasti Akan Menghasilkan Sesuatu
Hal kedua yang kita tidak boleh lupa. Sekalipun mungkin banyak tantangan dan halangan,... bahkan mungkin juga air mata, percayalah semua itu tidak akan sia-sia. Yang bersusah payah pasti akan menuai hasil yan baik.

"Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya" (Maz 126:5-6)


Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa Tuhan Yesus akan atur sedemikian rupa agar tempat kita kerja, usaha kita, keluarga kita, kesehatan kita, orang-orang yang bersinggungan dengan kita, semuanya dengan cara Tuhan akan diatur untuk membantu kita dalam mencapai resolusi yang kita buat itu. Amin. Percayalah pasti demikian adanya.


Kita Tidak Kerja Sendiri
"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Rom 8:28)


Kenapa?


Karena Bapa di Surga sendiri yang sangat ingin supaya kita menjadi serupa dengan gambaran Tuhan Yesus sang Idola kita. Amin


Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. (Rom 8:29)


Tahun 2012? Kenapa takut? Mari kita buat resolusi dan lakukan dengan pertolongan Tuhan. Kita pasti akan menjadi lebih baik lagi di tahun yang akan datang.


All blessings to you,
Binsar