Merayu Tuhan













Berkatalah pegawai-pegawainya kepadanya: "Apakah artinya hal yang kauperbuat ini? Oleh karena anak yang masih hidup itu, engkau berpuasa dan menangis, tetapi sesudah anak itu mati, engkau bangun dan makan!" Jawabnya: "Selagi anak itu hidup, aku berpuasa dan menangis, karena pikirku: siapa tahu TUHAN mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup. (2 Sam.12:21-22)

Daud adalah seorang yang sangat pandai merayu Tuhan. Tidak heran Tuhan berkata tentang Daud sebagai orang yang berkenan di hati Tuhan (Kis.13:22). Dia juga seseorang yang mengerti bagaimana melunakkan hati Tuhan dan membuat Tuhan tidak tahan bersikap keras terhadapnya. Dan ini adalah sesuatu yang dicari Tuhan di dalam diri kita.

Manusia Yang Ngobrol Intim dengan Tuhan
Tuhan juga menemukan itu pada diri Enokh. Begitu intim Dia ngobrol dengan Enokh akhirnya Tuhan angkat Enokh hidup-hidup ke sorga (Kej 5:24). Mungkin Tuhan berpikir, ”Daripada harus pergi ke bumi setiap kali ingin ngobrol dengan Enokh, lebih baik Aku angkat saja dia kemari.” Something like that. Sikap yang sama juga terdapat dalam diri Abraham sehingga Tuhan jadi tidak enak hati karena belum memberitahu rencananya untuk menghancurkan Sodom dan Gomora (Kej 18:17-18).

Hubungan yang intim dengan Tuhan Yesus harus lebih dari sekedar ritual dan liturgi yang sudah dirancang dengan rutin. Coba kita lihat Daud. Sekalipun dia berbuat salah dan menerima hukumannya, dia tetap saja berusaha mengajuk-ajuk hati Tuhan dengan menaruh abu di kepalanya dan berpuasa.

Jangan Menjauh dari Tuhan saat Jatuh dalam Dosa
Daud tahu dia bersalah tapi dia tidak menjauhkan diri dari Tuhan. Dia tidak membiarkan rasa bersalah itu memisahkan hubungan batinnya dengan Tuhannya. Itu sebabnya Tuhan cepat memulihkan keadaannya sekalipun dia melakukan dosa yang berat. Tuhan tahu hati Daud. Hatinya adalah hati yang bertobat, hati yang ingin selalu berbalik kepada Tuhan, hati yang mau diajar dan dibentuk, hati yang mencintai Tuhan lebih dari segalanya.

Apakah anda dan saya mengerti hati Tuhan Yesus? Apakah anda dan saya pernah merayu Tuhan Yesus? Apakah anda dan saya mengerti bagaimana caranya merayu hati Tuhan Yesus?

Memulai Dengan Satu Langkah Sederhana
Satu-satunya cara untuk memulai dan mempelajarinya adalah dengan datang kepadanya pagi ini dan berkata: Aku sayang pada-Mu Tuhan. Aku ingin ngobrol denganmu mengenai hidupku dan tantangan yang sedang kuhadapi.

Lakukan itu setiap hari dan anda akan mendapatkan satu kiat sukses yang tiada tandingannya. Yaitu memiliki Tuhan Yesus sebagai backing anda.

All blessings,
Binsar