Hati Nurani Yang Peka

Seorang businessman Kristen yang sukses di Amerika menceritakan rahasia yang membuat dia selalu berhasil dalam investasi yang dilakukannya. Anak Tuhan ini mengatakan bahwa setiap kali dia menerima suatu investment proposal, dia berpuasa tiga hari untuk memperoleh kepastian bahwa investasi tersebut pasti memberi keuntungan. Sebaik apapun suatu tawaran yang datang kepadanya, dia tidak terburu-buru dan selalu mengambil waktu merenungkan tawaran itu di dalam doa puasa. Anak Tuhan inipun mengatakan bahwa investasinya sekalipun tidak pernah gagal. Ajaib bukan?

Tuhan Yang Selalu Memberi Nasehat
Apa yang terjadi kepada businessman ini bukanlah suatu hal yang eksklusif untuk dia saja. Sesungguhnya semua orang Kristen memiliki kesempatan yang sama untuk menerima tuntunan Tuhan bagi setiap persoalannya. Daud mengerti rahasia ini. Ia berkata,

Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. (Maz. 16:7)

Tuhan memberi Daud nasehat ketika ia menghadapi persoalan dan hati nuraninya mengajar apa yang baik dan yang tidak baik untuk dilakukan.

Bukankah sebenarnya sering hati kita membisikan keputusan yang harus kita ambil?
Masalahnya, kadang kita melawan bisikan hati dan melakukan hal yang kelihatannya lebih baik atau lebih menarik. Biasanya, sesudah itu kita akan menyadari pilihan itu salah dan kecewa. Untuk bisa mendengarkan hati nurani tentu saja kita perlu waktu yang tenang dan tidak terburu-buru. Ijinkan pertimbangan-pertimbangan dari Tuhan memberi petunjuk yang tepat untuk persoalan kita. Kalau dengan cara ini kita masih sulit mendengar tuntunan Tuhan, kita bisa minta supaya hati kita diubah.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu .... (Yeh 36:26-27a)

Ketika kita bersedia dan meminta Tuhan Yesus mencampuri bahkan mengambil alih kendali atas hidup kita, Dia akan memberi kita hati yang baru - hati yang berasal dari sorga dan semua yang dinasihatkan pasti baik.

Jangan Ragukan Keinginan Tuhan Untuk Menuntun Hidup Kita.
“Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” Maz. 32:8

Minggu ini mata Tuhan tertuju pada kita agar kita keluar dari setiap persoalan kita dengan baik dan berkemenangan.

Tuhan Yesus baik bukan?

All blessings,
Binsar