Tahun Baru: TRANSISI Menuju Hidup Yang Lebih Baik



Setiap kali kita memasuki tahun yang baru, kita punya banyak alasan untuk memuji Tuhan. Karena ternyata kita masih ada dan hidup.... dan kalau kita renungkan,... sekalipun mungkin kita punya banyak masalah,... Life itself is a big reason for celebration. Bukankah banyak sekali yang menyenangkan dengan hidup ini? 

Tahun baru juga merupakan suatu TRANSISI. Khususnya minggu-minggu pertama, di bulan Januari... Apakah yang akan kita rubah dari tahun yang lalu? Apakah hal baru yang kita akan mulai kerjakan? Target-target pencapaian apa yang akan kita kejar?

Kalau berbicara soal ini, ada kisah yang menarik di Kitab Keluaran pasal 3. Kisah Musa dan periode transisi dalam hidupnya. Transisi antara periode hidup Musa yang hancur lebur, kelam, tanpa masa depan,... kepada periode sukses yang spektakuler, bersejarah, dan berdampak begitu hebat ... sampai-sampai masih terus dibicarakan kalau kita membahas tentang bangsa Israel..... Kisah "Form Zero To Hero" yang luar biasa.



Kegagalan Pasti Punya Titik Balik
Kalau kita baca di Kitab Keluaran, tahun-tahun sebelumnya merupakan masa-masa kegagalan dalam kehidupan Musa. Selama 40 tahun hidupnya bisa dibilang berada di titik terendah. Dia yang biasa hidup di Istana dengan fasilitas mewah dan kesuksesan sebagai panglima tentara Firaun, sekarang menjadi orang buronan dan terbuang di tanah Midian,.. bekerja sebagai gembala kambing dan domba. 

Friends, kalau kita berada di titik terendah di tahun yang lewat, maka Musa berada jauh lebih rendah lagi... bahkan kandas di dasar yang paling rendah. Dan kita bukan bicara kegagalan dalam satu tahun yang lewat. Ini bicara tentang 40 tahun, empat puluh tahun!!! Very frustating....

Namun Puji Tuhan, setiap orang Tuhan beri kesempatan untuk berbalik mengalami masa-masa kebangkitan. Karena Tuhan Yesus sendiri adalah Kebangkitan dan Hidup. Setiap orang yang bertemu Tuhan akan mengalami Kebangkitan dari kegagalan.... Amin.

Pertemuan dengan Tuhan adalah Kunci untuk Awal Yang Baru
Keluaran 3:2-3 Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?"

Tuhan selalu punya cara untuk menarik perhatian kita, namun langkah untuk mendekat kepada Tuhan ada pada keputusan yang harus kita buat. Musa melihat semak duri yang menyala, tapi TRANSISI dalam hidup Musa tidak akan pernah terjadi bila Musa tidak mengambil langkah awal untuk mendekat dan berbicara dengan Tuhan.

Kita mungkin terpaksa oleh keadaan kita untuk mencari pertolongan. Kegagalan. Frustasi. Masalah bisnis. Masalah rumah tangga.... Itu semua adalah alat untuk menarik kita untuk mencari Tuhan Yesus. Ambil langkah untuk mendekat kepada Tuhan...




From Zero To Limitless
Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. Kel 3:6

Banyak orang mencari jalan keluar untuk masalahnya kepada ide, pertolongan orang lain atau kesempatan yang ada didepannya. Bukannya tidak boleh. Tetapi pertolongan yang paling dahsyat adalah dari Tuhan Yesus. Sebab ketika seseorang berpapasan dengan Tuhan, dia berpapasan dengan Tuhan yang tak terbatas. Unlimited. Limitless. .... Tidak terbatas ideNya, tidak terbatas kemampuanNya, tak terbatas kuasaNya, dst.....

Seseorang yang Zero atau minus sekalipun, bila bertemu dengan Tuhan akan menjadi Hero. Menjadi tak terbatas. 

Seseorang yang tidak memiliki apa-apa, tidak memiliki bakat, tidak memiliki koneksi, tidak memiliki kemampuan, bahkan mnius dalam semuanya itu,... bila bertemu dengan Tuhan dan berjalan bersama Tuhan, akan menjadi TIDAK TERBATAS.  

Kita tentu tahu akhir kisah Musa ini. Berkali-kali dia menolak perintah Tuhan untuk membebaskan orang Israel dari tangan Firaun. Kenapa? Trauma 40 tahun membuat dia merasa minus dalam segala hal. Dia merasa tidak punya lagi kepercayaan diri, tidak ada lagi semangat, tidak ada lagi gairah untuk memulai lagi dari awal (starting over).  

Namun ketika Musa akhirnya setuju untuk mulai kembali dengan hidupnya,... kita tahu bagaimana pada akhirnya dia bersama Tuhan mendatangkan 10 tulah yang dahsyat ke tanah Mesir, bagaimana dengan tongkatnya dia membelah laut merah, dan melakukan berbagai mujizat yang bahkan tidak pernah lagi terjadi setelah itu. Amazing.....

Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?" Lalu firman-Nya: "Bukankah Aku akan menyertai engkau? Kel 3:11-12a

No. Bukan kemampuan kita tetapi kemampuan Allah kita. Bila Tuhan menyertai kita maka KUASA Nya juga akan beserta kita (Rom 8:28)

Kebesaran Tuhan dan Suatu Tujuan Hidup (PURPOSE)
Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir." Kel 3:10

Setiap hari kita mendengar banyak ide-ide baru. Apalagi orang Indonesia.... Dulu orang berkata kulit manggis bisa menyembuhkan banyak penyakit. Buru-buru orang semua mencari kulit manggis. Tapi itu tidak lama karena kemudian ada ide baru bahwa buah sirsak sangat mujarab untuk menyembuhkan banyak penyakit.... Nanti kalau sudah lewat musim sirsak jangan-jangan orang akan berkata kulit durian sangat manjur menyembuhkan kanker... :-)

Friends, ide cemerlang belum tentu cocok untuk kita. Good Idea tidak berari God's Idea. 

Namun Puji Tuhan, ketika kita bertemu Tuhan, kita bukan saja menyadari kedahsyatanNya tapi kita juga mendapatkan ide, tuntunan dan tujuan yang harus kita kejar dalam hidup ini. Musa bertemu Tuhan dan mendapatkan tujuan baru untuk dilakukan dengan hidupnya.... Saatnya tiba untuk meninggalkan karir sebagai gembala kambing dan domba untuk beralih menjadi gembala orang Israel keluar dari Mesir.

O my God. Luar biasa sekali. Setiap orang yang mendekat kepada Tuhan akan mendapat PURPOSE. Mendapat sesuatu untuk dikejar, dicapai, di dalam tahun ini. Apapun yang terjadi tahun lalu, kita akan mengerti apa yang sekarang harus dilakukan di tahun yang baru.


Bangun Pertemuan dengan Semak Api yang Menyala Setiap Hari
Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu. Maz 32:8

Awal tahun baru adalah TRANSISI menuju sesuatu yang luar biasa. Amin. Tidak perduli hasil tahun yang lewat, tahun ini kita akan mengalami sesuatu yang baru. 

Mulai dengan membangun saat-saat yang intim dengan Tuhan. Beri kesempatan kepada Tuhan Yesus untuk menuntun kita melalui pintu menuju perjalanan yang Ajaib bersama dengan Nya

God loves you,
Binsar