Doa Jalan Tol




























Banyak orang bertanya-tanya dalam hati. Apakah ada cara untuk mempercepat doanya segera terjawab?..... Kalau memang doa kita bisa dijawab lebih cepat mengapa memakai jalur lambat bukan?

“Tuhan saya ingin gaji naik”. Orang yang lain berdoa, “Tuhan berikan saya promosi dalam pekerjaan”. Yang lain lagi berdoa “Tuhan tolonglah saya mengembangkan bisnis saya…” Ada banyak jenis doa dan permintaan. Dari pekerjaan, jodoh, kerukunanan rumah tangga, kesembuhan, dan sebagainya.

Expressway, ….jalan tol….. . Adakah Doa Jalan Tol?

Perumpamaan Tentang Doa Yang Benar 
Bila kita melihat kedalam Firman Tuhan, kita akan menemukan perumpamaan tentang seorang janda dan seorang hakim di Kitab Lukas pasal 18.

Dalam perumpamaan itu, Tuhan Yesus menegaskan tentang beberapa hal penting untuk membuat doa anda dan saya menjadi Doa Expressway.

Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. …Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? (Luk 18:1,7)


Lalu coba kita lihat hasilnya.

Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"   Luk 18:8

Whoala !

Tuhan Yesus katakan Allah akan SEGERA menjawab doa kita bila kita melakukan hal-hal diatas. 

SEGERA. 

Artinya CEPAT, EXPRESS, dibandingkan bila tidak melakukan hal-hal tersebut bukan?

Di ayat 1 dan 7, Tuhan Yesus menjelaskan dasar untuk suatu doa yang segera dijawab. Di ayat 8 adalah hasilnya. Mari kita lihat persyaratannya. Ada kata-kata penting yang ditekankan disana yaitu:


- HARUS

- SELALU BERDOA

- TIDAK JEMU-JEMU

- SIANG-MALAM

- BERSERU

Kunci Doa Jalan Tol 
5 kunci untuk membuat suatu doa menjadi doa jalan tol adalah: Harus – Selalu - Tidak Jemu-jemu – siang malam - berseru.

HARUS
Apakah doa adalah suatu alternative? Tuhan bilang “Harus”. Artinya tidak bisa tidak harus dilakukan. Alangkah tidak adil menyalahkan Tuhan untuk keadaan yang seseorang alami kalau orang tersebut tidak pernah atau malas untuk berdoa.

SELALU
Bila kita memiliki suatu impian. Suatu cita-cita. Kita tidak hanya doa sekali-sekali. Tapi kita harus selalu berdoa. Doa adalah verbalisasi (memperkatakan) apa yang ada di dalam hati kita. Memproklamirkan dan mengumumkan pada alam semesta apa yang menjadi isi hati kita.


TIDAK JEMU-JEMU
Doa juga merupakan Visualisasi apa yang menjadi cita-cita kita. Orang-orang yang sangat sukses, tidak mulai dalam keadaan Sukses. Mereka mulai dari bawah. Mulai dari tidak bisa apa-apa. Tapi selama hidup mereka tidak pernah melepaskan impian mereka. Seolah-olah senantiasa ada di depan mata mereka. Doa adalah Visualisasi. Membuat actual dan relevan kembali apa yang belasan tahun menjadi cita-cita kita. Ketika kita berdoa, kita paparkan di depan mata kita, isi hati kita, hidup kita dan apa yang menjadi impian kita. Dahsyat sekali !


SIANG MALAM
Kita  perlu supporter yang mendorong dan menyemangati kita di dalam pencapaian yang kita sedang daki dalam hidup ini. Kalau tidak ada orang lain sebagai cheer leader (pemandu sorak) kita, apa salahnya kalau kita sendiri yang memberi semangat ? Siang malam ketika kita sedang bergumul, doa sejenak yang kita lakukan merupakan seruan penyemangat yang kita sangat butuhkan.

BERSERU
Doa harus penuh Semangat.  Doa yang letoy dan lemah akan membuat kita mengasihani diri sendiri. Jadi kita harus rubah menjadi doa yang bergairah. Tuhan Yesus menyarankan Doa dengan Berseru ! Artinya dengan sepenuh kekuatan kita suarakan yang menjadi jeritan dan seruan batin kita. Luar biasa.

Apa Hasilnya?
Tuhan Yesus katakan “Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka”. Luk 18:8a


SEGERA
Doa yang segera dijawab oleh Tuhan adalah Doa seperti diatas. Doa Jalan Tol. Doa Yang segera dijawab Tuhan.

Semoga doa anda dan saya tidak tertunda karena keseganan kita berdoa terus menerus sampai impian kita terjadi dalam hidup ini.

All blessings,
Binsar