Mengeluh atau Menghardik?

Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut. (1Kor10:10)

Banyak orang bilang hanya kaum wanita yang suka mengeluh...... Mengeluh soal uang,... soal penampilannya kurang menarik,... mengeluh dan menyalahkan pacarnya, suaminya,.....dan lain lain.

Tapi sebetulnya kaum pria juga suka mengeluh... kita sering mendengar rekan dikantor berkeluh kesah dan tidak puas atas pekerjaannya,..... Mengeluh soal gaji yang kurang besar, mengeluh perlakuan bos di kantor.... lalu ujung-ujungnya mengeluh kenapa Tuhan tidak menolong memberikan kehidupan yang lebih baik.

Mengeluh Mengungkapkan Ketidakpuasan Kepada TuhanKetika orang Israel dibawa Tuhan keluar dari Mesir, banyak mujijat Tuhan tunjukan termasuk terbelahnya Laut Merah yang membuat mereka mampu menyebarang keluar dari tanah perbudakan mereka.

Namun sekalipun telah mengalami begitu banyak keajaiban pertolongan Tuhan, orang Israel selalu saja komplain, mengeluh, bersungut-sungut, ngambek,... dan menuduh Tuhan dan Musa mencelakakan mereka .... Bahkan ketika mereka sudah hampir saja masuk ketanah perjanjian, tanah madu dan susu,.......seluruh bangsa itu berusaha untuk melempari Yosua dan Caleb karena takut pada raksasa-raksasa yang ditemui para pengintai,......

Mengeluh Menunjukkan Keraguan Kita Pada Kemampuan Tuhan
Bangsa Israel membuat Tuhan sangat marah,......Dengan keluhan dan pemberontakan itu, mereka dengan kata lain menyatakan bahwa Tuhan tidak cukup mampu untuk menolong mereka keluar dari masalah mereka. Tuhan dianggap lebih kacil dari raksasa-raksasa Kanaan. Ini berarti menganggaap Tuhan bukanlah Maha Kuasa yang bisa diandalkan...

Wah Tuhan sangat marah dan kalau tidak dihalangi Musa, pasti sudah menghabisi bangsa Israel....(Bil 14:12).

Tuhan Mau Kita Berhenti Mengeluh Tapi Bertindak
Tuhan mau kita berhenti mengeluh dan ngomel dalam situasi yang kita hadapi....

Kesulitan keuangan, masalah kantor, hubungan suami istri akan selalu ada dalam hidup ini ,....Tapi itu semua pasti akan beres dan diselesaikan bila kita tetap percaya pada Tuhan. Tuhan tidak pernah berdiam diri. Paulus bahkan menegaskan bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala persoalan kita.


Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Rom 8:28)
Berhenti mengeluh.
Berhenti berkeluh kesah.

Tuhan mau kita menguasai hati dan berusaha menghalangi perasaan dan emosi negatif menguasai sikap kita sepanjang hari. Mengeluh dan mengasihani diri sendiri bisa menjadi penyakit yang memadamkan semangat untuk bekerja, berinovasi dan bergerak maju. Mengeluh akan membawa seseorang untuk mandeg, untuk pasif, untuk memboikot segala inisiatif untuk maju.
Tuhan sangat tidak suka pada kebiasaan mengeluh. Orang Israel yang keluar dari Mesir adalah tipikal bangsa yang suka mengeluh. Mereka membanding-bandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu mereka. Sekalipun sudah menjadi manusia bebas, mental mereka sangat payah,... selalu merasa kurang.... merasa masa depan mereka tidak baik,.. tidak berani untuk menyongsong hidup yang baru,...
Tuhan suka orang yang berani minta, berani maju, berani menyogsong tantangan dan berani masuk kedalam ujian ujian....

Percaya kepada Tuhan dan ikuti tuntunannya. Pasti semuanya akan menjadi beres !

Bertindak Dengan Menghardik Semua Penghalang Kita
Bukannya bersungut-sungut, Tuhan mau kita bertindak dan menggunakan Nama Tuhan Yesus berkata-kata kepada masalah yang kita hadapi. Jnagan gunakan pikiran dan hati serta mulut kita untuk hal-hal yang negatif. Tapi pikirkan yang positif, Imani janji Tuhan dan mulai berkata-kata dengan iman.
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. (Mar 11:23)

Tuhan mau kita yang melangkah dan mengambil yang kita minta,.. bukannya menunggu dengan pasif,.. Tuhan mau kita bertindak.

Orang Israel di padang gurun maunya masuk ketanah perjanjian dengan terima beres,... Tuhan tidak mau memiliki bangasa yang lembek... Dia mau bangsa yang menaklukkan orang Kanaan, bangsa raksasa di seberang sungai Yordan,... Allah yang Kuat suka memiliki bangsa yang kuat,... murid-murid yang kuat,...

Murid-murid yang mengambil janji janji Tuhan dengan berani.

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yak 4:7)

Jangan minta Tuhan untuk menghardik masalah-masalah kita... Tuhan Yesus mau kita yang menggunakan kuasa yang sudah Dia berikan,.. dan dengan berani menghardik segala tantangan dihadaopana kita.

Mengeluh atau Menghardik ?

Pilihan ada pada kita,.....

All blessings,
Binsar