Christmas Everyday

Sebentar lagi tanggal 25 dan banyak orang di dunia merayakan Natal. …. Merayakan kelahiran Tuhan Yesus …
Beberapa hari ini saya merenungkan tentang Christmas. Memang umumnya ahli-ahli Arkeologi menyatakan bahwa Tuhan Yesus tidak dilahirkan di tanggal 25 Desember. Melihat deskripsi Alkitab mengenai cuaca dan suasananya, kemungkinan besar kelahiran Tuhan tidak terjadi di bulan Desember. Tapi kalau banyak orang merayakan tanggal 25/12 sebagai kelahiran Tuhan ya kita tidak perlu keberatan. Apapun tujuannya entah komersil ataupun religius yang penting nama Tuhan disebut. Dan hal ini bisa dipakai untuk memberitakan bukan saja kelahiran Nya tapi juga karya Nya di kayu salib.

Setiap hari ada Christmas
Ah saya bahkan berpikir alangkah baiknya kalau Christmas dirayakan setiap hari. Seperti yang dikatakan oleh Rasul Yohanes sesungguhnya Tuhan Yesus sudah ada sebelum bumi dijadikan. Christmas day tidaklah awal dari keberadaan Tuhan Yesus. He has been there forever. ….
Memang oleh kelahiran Tuhan dan karyaNya di kayu salib, semua orang yang menerima Nya memperoleh banyak benefit sebagai bagian dari hak anak anak Bapa di Surga. Seolah olah sebagai kado kado indah yang tergeletak di bawah pohon natal yang kita terima secara gratis di perayaan Natal. Bukan karena kita berhak untuk itu. Tetapi semata mata karena kebaikan orang yang mengasihi kita. … begitulah kurang lebih analoginya.

Kado Natal setiap hari
Roh Kudus mengajar saya suatu kebenaran yang sangat menarik. Yaitu. Banyak orang menunggu sampai Christmas day untuk mengingat dan merasakan kebaikan Tuhan. Tetapi sebetulnya itu tidak perlu. Alangkah baiknya kalau kita tidak perlu menunggu sampai tanggal 25 Desember untuk mengalami semua kebaikanNya.
Kita tidak perlu menunggu sampai Christmas untuk menerima keberhasilan dan sukses sebagai kado dibawah pohon natal yang kita hias. Kita tidak perlu menunggu sampai Christmas untuk memperoleh pertolongan Tuhan dan segala benefit yang dijanjikan Nya bagi anak anak Nya.
Ada ayat yang menarik dari Injil Yohanes dibawah ini.
Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. 12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Tuhan lahir di hati dan alami kebaikanNya
Setiap hari Tuhan Yesus ingin kita menglami Christmas. Yaitu Ia lahir didalam batin kita. Firman itu lahir di dalam hidup kita. Sebab ketika sesorang menerima Firman Tuhan dengan segala kebenaran dan hikmat yang terkandung didalamNya, orang tersebut bisa mengalami kepenuhan dan kuasa yang dijanjikan Tuhan. Yaitu kuasa yang selayaknya diterima oleh anak anak Tuhan.
Anda tentu tidak perlu bertanya kepada saya apa saja bentuk kuasa yang dijanjikan untuk anak anak Tuhan. Lihat saja apa yang dimiliki sang Bapa di surga dan anda akan mengerti kurang lebih seperti apa yang Dia janjikan akan dialami oleh anak anak Tuhan.
Tapi kata “menerima” itu sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Sebab banyak orang Kristen yang sudah lama menjadi Kristen, tidak mengalami seluruh yang Tuhan inginkan agar terjadi di dalam hidupnya. Karena apa? …. Karena tidak melakukan kata “menerima” Firman tersebut.
Apakah yang Dia katakan pada anda melalui pembacaan Firman Tuhan hari ini ???

Firman Tuhan melahirkan semua yang baik untuk kita
Apakah anda bersedia menerima Sang Anak (“Firman Tuhan”) untuk lahir dalam hidup anda ??? Apakah anda bersedia diatur, dikoreksi, diubah, dibentuk sesuai dengan apa yang dikatakan Firman Tuhan ???
Kalau demikian adanya, anda berarti telah mengalami kelahiran Firman itu di dalam hidup anda. Dan segala kuasa dan benefit yang menyertai Firman Tuhan akan anda alami seluruhnya saat itu juga.
Apakah Firman Tuhan tentang memberi yang sedang lahir dalam hidup anda? Atau tentang bekerja keras bagi Perusahaan seperti untuk Tuhan ? Atau tentang mengampuni atasan dan kolega anda yang memfitnah anda? Atau tentang tunduk kepada atasan? Atau tentang hal hal yang lain.
Apapun itu bentuknya, terimalah dan ijinkan Firman Tuhan lahir hari ini dalam hidup anda. Biarlah hari ini menjadi Christmas day bagi anda. Dan anda akan menerima semua benefit yang Tuhan janjikan karena menerima Dia.
Tuhan Yesus yang baik.
All blessings,
Binsar