Menang di Peperangan Rohani

Hari hari ini apakah saudara-saudari masih bersemangat? Untuk mereka yang bekerja dengan target, tentu kita sedang bekerja dan berdoa dengan sungguh-sungguh agar tahun ini diakhiri dengan prestasi yang baik seperti yang diharapkan dari kita.

Saya mau memberi suatu informasi penting.  Hari hari ini kita perlu berhati-hati dan menyadari bahwa pekerjaan kita merupakan suatu peperangan rohani juga. Suka atau tidak, kita harus mengerti bahwa ada kuasa-kuasa yang ingin kita gagal dalam apapun usaha kita.

Pencuri (Iblis) datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Yoh 10:10

Peristiwa Rohani dibalik musibah
Saudara-saudari, sering kali kita menganggap kejadian buruk yang terjadi pada pekerjaan, bisnis dan rumah tangga kita hanyalah sesuatu yang kebetulan dan tak bisa dihindarkan. Kemudian kita menerima hal itu apa adanya dan berusaha untuk menyelesaikan persoalan itu tanpa mengerti kenapa hal itu terjadi pada kita. Jangan begitu. Jangan menganggap segala kejadian disekitar kita hanya kebetulan dan fenomena yg normal. Kebanyakan tidak begitu. Paulus mengatakan ada sesuatu dibalik itu semua. Apa yg disebut konflik di alam rohani. Peperangan kita bukan melawan darah dan daging ...

... supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Ef 6:11b, 12

Hanya Tuhan Yang Berpihak Pada Kita
Di jaman ini setiap orang punya sandaran rohani, jimat, pegangan, feng-shui, backing rohani, bahkan jin-jin, tuyul yang menjadi sandaran mereka. Anda akan surprised bila mengetahui berapa banyak orang-orang yang merupakan saingan bisnis, kompetitor, customer, bahkan rekan kantor yang bersandar pada sesuatu kekuatan lain. Ajak mereka bicara dan kita akan mengetahui siapa atau apa yang mereka andalkan untuk keberhasilan mereka. Dan perlu kita ketahui, siapa atau apapun yang tidak bersama Tuhan Yesus adalah lawan dari Keberhasilan dan Sukses yang saudara dan saya sedang usahakan (Luk11:23).

Kalau kita tidak menyadari hal ini dan tidak berjaga-jaga, kita akan mengalami kebingungan ketika menemui usaha kita digilas secara tiba-tiba. Karir kita dijegal. Proyek kita disabotase. Pelayanan kita dihambat. Asset kita dicuri atau dirusak oleh kejadian yang tak terduga.

Saudara-saudari, orang disekeliling kita punya backing-backing roh yang bertentangan dengan jalan keberhasilan kita.

Lalu apakah kita menjadi tak berdaya dan menerima begitu saja diperlakukan oleh semua penguasa-penguasa rohani disekeliling kita ini?

Penjaga Kita Lebih Kuat
Puji Tuhan, Rasul Yohanes mengatakan bahwa Roh di dalam kita lebih besar daripada yang diluar kita (1Yoh4:4). Haleluyah ! Terima kasih Tuhan Yesus. Fakta ini harus kita sadari dan pegang selalu.

Kemudian ada satu lagi yang sering kita lupakan. Yaitu pekerjaan Malaikat-malaikat pelindung kita.

Ini yang membedakan Elisha dan bujangnya. Bujangnya melihat semua peristiwa hanya seperti yang terlihat secara kasat mata. Elisha berbeda. Ia melihat sesuatu secara alam rohani juga. Dibalik ancaman fisik yang dia alami, Ia melihat ada kuasa kuasa kegelapan yg bekerja. Itu sebabnya dia perlu kuasa rohani juga untuk mem-back up dia. Dan ketika ia menyadari kehadiran Malaikat-malaikat Tuhan ia tidak takut dan kuatir.

Ketika pelayan abdi Allah bangun pagi-pagi dan pergi ke luar, maka tampaklah suatu tentara dengan kuda dan kereta ada di sekeliling kota itu. Lalu berkatalah bujangnya itu kepadanya: "Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?" Jawabnya: "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka." Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa. (2Raja6:15-17)

Malaikat Gabriel menjelaskan hal yang sama kepada Daniel ketika dia sudah menanti begitu lama (21 hari) dan belum menerima tuntunan Tuhan ketika dia ber-doa puasa. Malaikat Gabriel menjelaskan:

Lalu katanya kepadaku: "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu. Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia. (Dan 10:12-13)
Kita tahu janji Tuhan:

Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. Maz 34:8

Aman Dalam Perlindungan Tuhan Yesus
Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Maz 91:9-11

Peperangan rohani? Yes, itu memang ada. Tapi bagi mereka yang takut dan berharap pada Tuhan memiliki perlindungan penuh dari para malaikat. Mana yang lebih kuat ? Tentu saja Malaikat Tuhan. Sebab itu kita akan mengakhiri tahun ini dengan keberhasilan. Amin.

All blessings,

Binsar